Memperbaiki Kerusakan Flashdisk



1.Lakukan perbaikan flashdisk menggunakan software

langkah pertama hubungkan flashdisk ke personal computer (pc) jika flashdisk tetap tidak hidup selanjutnya perbaiki flasdisk menggunakan software, dapat berupa software yang di buat perusahaan falsdisk seperti Software HP Drive boot, bisa juga menggunakan tools yang ada di PC anda, seperti Formating melalui expolrer, formating melaluli linux, maupun formating melalui "Disk Manajement"

Jika muncul pesan:




a. buka registry editor
(start Menu > Run, ketik Regedit, kemudian takan /klik ok)

b.cari key:
HKEY_LocalMachine\System\CurentControlSet\ControlStorageDevicePolicies.



c. jika pada panel bagian kanan ada Write Protect, maka lakukan doubleclick kemudian isi dengan angka "0" pada bagian value data. atau dapat menghapus Write Protect atau menghapus Key Storage Policies kemudian refresh Pc dengan memilih (View>refresh)

d.cabut flasdisk dari sambungan PC dan melakukan data ulang.

2.Perbaikan Flashdisk pada hardware
-buka casing flash disk.
-Flashdisk di keringkan menggunakan Blower jangan mengeringkan dengan

Hairdryer sebab hasilnya akan tidak sempurna karena panas yang dihasilkan kurang maksimal, bagian yang perlu di blow adalah IC dan kaki-kaki serta semua sambungan solder. flshdisk di anginkan sebentar lalu pasang kembali falshdisk tersebut.

Krakteristik falshdisk
1.USB flashdisk hanya aktif jika arus listrik bisa diperoleh dari port.

2.Beberapa flashdisk memerlukan daya listrik yang besar sehingga harus di ditancapkan di Motherboard(tampa kabel sambungan).

3.Terkadang Flashdisk tidak terbaca jika kabel terlalu panjang, karena biasanya arus kurang kuat.

4.Flashdisk biasanya memiliki umur(masa pakai) 100.000 baca/tulis ketahanan sampai 10 tahun.

5.kecepatan membaca flashdisk, misalnya membaca 16MB/s sedangakan menulis 4 MB/s dan lain-lainnya berbeda.

6.File sistem yang biasa digunakan FAT atau FAT32, karena bisa diakses hampir dimanapun yang mensupport USB port. meski begitu Falshdisk dapat diformat sesuai dengan tipe sistem oprasi, seperti NTFS

7.Defragment file di flshdisk tidak diperlukan dan tidak berpengaruh ke kecepatan akses karena falshdisk tidak di perlukan dan tidak berpengaruh kekecepatan akses, karena flashdisk menggunakan memory Random akses.

_________________________________________________________________________
dapatkan informasi lain di informasi komputer

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments