Langsung ke konten utama

7 Inovasi Membuat Desa Lebih Cepat Maju

Sekarang desa harus berkembang cepat karena desa-lah yang paling dekat dengan masyarakat dan dapat mengayomi masyarakat.

yuk sobat kita segbai pemuda kita berikan invoasi dan ide kreatif di lingkungan kita mau itu di terima atau ditolak ya gimana nanti aja.

sekarang kita bahas inovasi untuk desa agar desa bisa maju, jika kalian punya ide labih bagus bisa berkomentar dibawah saya akan posting disini dan kita sebarkan agar semakin banyak pemauda didesa yang bisa mengembangkan desa menjadi lebih baik.






1. Air bersih 

Sebelum inovasi yang lain coba kita berikan inovasi yang langsung dirasakan bagi masyarakat yaitu air bersih, sudah banyak metode dan cara penanganan air bersih.

jika perlu desa mengelola air bersih bagi masyarakat seperti PDAM, sehingga desa-pun memiliki penghasilan dan warga menjadi sehat.


Mungkin ada kendala jika masyarakat sudah menggunakan sumur dan enggan menggungakan air dari desa. masih ada cara lain kita bisa menggunakan filter air ruamahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga kesehatan lingkungan,

 ide kreatifitas ini bisa di terapkan.

yaitu mesasang filter air di setiap warga, harga lebih murah dan desa tinggal menyediakan peralatan dan perlengkapan fileter air ini.

Keuntungan :
  • Warga semakin sehat
  • Penghasilan untuk Desa

2. Listrik Gratis / LAMPU JALAN

Inovasi sekarang begitu banyak termasuk listrik, kita bisa menggunakan panel surya untuk tempat ibadah, tempat umum, lampu jalan dll.

jika desa kalian masih gelap dan jaringan listrik tidak sampai atau tidak merata, coba ide ini disampaikan ke-kepala desa kalian agar jalanan dan fasilitas umum bisa terang dimalam hari.

Keuntungan:

  • Mengurangi Kecelakaan dimalam hari.
  • Mengurangi tindak kriminal.
  • Kegiatan masyarakat dimalam hari semakin mudah.


3. Pasar Kaget (Pasar yang hanya ada di waktu tertentu)

Membuat pasar kaget,
untuk membuat pasar kaget kita bisa memulai dengan membuat kegiatan rutin yang melibatkan banyak masyarakat seperti acara Olahraga bersama, cek Keseharan, dll

rutinkan kegiatan tersebut nanti lama kelamaan mulai banyak pedagang bahkan warga sekitar ikut dalam acara tersebut.



ide ini terkadang tidak diciptakan tapi di beberapa tempat tercipta sendiri dan menjadi tradisi dan kebiasaan yang dilakukan tersus menerus, bahkan tanpa di konsep sehingga menjadi tidak teratur.

jika orang sudah berkumpul maka semua kemungkinan bisa terjadi, mungkin awalnya orang ke desa ingin berolahraga atau cek kesehatan tapi lama kelamaan orang datang kesana karena ingin ke pasar kaget.

keuntungan:

  • Keuntungan buat desa menyewakan pos. 
  • Mendapatkan pemasukan dari parkir.
  • Menambah pemasukan buat masyarakat

4. Internet desa

Selanjutnya dengan kemajuan komunikasi seperti sekarang dimana akses internet semakin mudah ini pun bisa menjadi inovasi kreatif bagi desa yang akan bertumbuh semakin besar.

Dengan adanya akses internet di desa masyarakat akan sangat terbantu

Bisa melalui wifi gratis di desa atau desa menyediakan komputer berdiri maksudnya ya agar masyarakat menggunakan tidak terlalu lama dan bergantian.

jadi desa menjadi sumber informasi dimana masyarakat bisa memperoloh ilmu.


Keuntungan: 
  • masyarakat menjadi lebih melek tehnologi.
  • masyarakat mulai melakukan uji coba yang meningkatkan kesejahteraan desa.
  • Desa semakin maju



5. Pengecekan kesehatan gratis
Desa membuat posko pengecekan kesehatan gratis bisa juga di jadwal atau bergabung dengan pasar kaget tadi.

Jadi ketika masyarakat berkumpul desa menyelengarakan cek kesehatan gratis. Kita tau sekarang 
orang sudah mulai peduli dengan pemeriksaan kesahatan jadi tidak ada salahnya jika kita membuat 
posko kesehatan.

Keuntungan:

  • Masyarakat semakin peduli kesehatan.

6. Membuat Bank sampah

Sekarang sedang lagi tren dimasyarakat coba kembangkan di desa kita. Caranya muda masyarakat 
tinggal mengirim sampah yang bisa dikilo seperti botol, kardus, koran dan plastik. 



Desa mencatat sampah tersebut dan mencatat uang yang masyarakat peroleh nanti ketika sudah 
mencapai batasnya baru uang itu diberikan ke masyarakat.

Manfaat:
  • Lingkungan bersih
  • Desa mendapat penghasilan
  • Masyarakat mendapat penghasilan


7. Pengelolaan Sampah basah menjadi Pupuk
Lingkungan pedesaan yang dikelilingi oleh tanaman serta 
buah-buahan dan masih jarang mengelolaan sampah atau tukang sampah keliling,

Biasanya masyarakat membakar sampah yang bisa dibakar dan mengubur sampah basah, bagaimana
 jika desa mengumpulkan sampah basah dari masyarakat dan merubahnya menjadi pupuk.


Sistemnya bisa seperti ini setiap sekilo sampah gratis pupuk 500gr. Jadi desa mengelola sampah 
basah masyarakat dan masyarakat mendapatkan pupuk gratis selebihnya bisa dijual.

Keuntungan: 
  • Sampah basah berkurang, 
  • lingkungan menjadi sangat subur
  • Kedepanya mungkin desa akan menjadi penghasil buah atau sayuran yang banyak.
  • Penghasilan untuk Desa.

Nanti kita tambah lagi inovasi untuk desa semoga masih ada ide kreatif untuk membangun negri ini, jika ada yang mau menambahkan atau ada ide untuk membangun desa silahkan komentar di bawah jika ada yang tidak di mengerti atau ingin di jelaskan bisa hubungi kontak kami. 

Maju Desa Sejahtera Rakyat





Postingan populer dari blog ini

Cara memperbaiki atau menghilangkan Deep Freeze

Mulai lagi ni berbagi, oks saya beberapa minggu menggunakan aplikasi "Deep Freeze" aplikasi ini berfungi untuk membekukan file istilah saya, sehingga file yang berada dalam driver tidak akan berubah dan viruspun tidak akan betah di driver karena setiap restar atau startup file akan kembali kesemula "kondisi awal" sebelum di Deep Freeze. masalah yang saya hadapai ketika menggunakan Deep Freeze adalah: 1. icon Deep Freeze hilang. 2. menggunakan hack Deep Freeze dan lain-lain tidak bisa, dan akan muncul pesan Deep Freeze seperti ini "unable to load deepfreeze Configuration. Login Program will not be available". 3. yang jadi masalah Deep Freeze lagi adalah semua driver terblok sehingga tidak dapat menyimpan data dimanapun bahkan install program "sudah pasti".

Cara Menanam Bawang Daun Segar Setiap Hari

Bawang daun adalah tanaman yang sering kita gunakan dalam memasak, biasanya bawang daun sering kita pakai saat mesak tempe goreng atau mendoan, kurang sedap rasanya jika membuat tempe goreng tanpa bawang daun, tempe goreng yang pake terigu ya bukan tempe goreng yang digoreng langsung. Nah disini saya akan bahas kembali bagaimana cara menanam tanaman mudah yang sekarang dibahas tentang menaman bawang daun menggunakan media air, jadi bawang daun yang sudah kita gunakan bisa tumbuh kembali, Tahapan: 1. Beli daun bawang di tukang sayur jika tidak dipasar juga banyak, tapi jangan lupa kalau bisa cari yang segar yang masih ada akarnya ini akan menentukan bisa atau tidaknya daun bawang tumbuh kembali. 2. Kita gunakan untuk membuat goreng tempe tadi hehe.. tapi sisain bagian putihnya dan akar sama sedikit bagian yang hijaunya. 3. Sediakan tempat / wadah bisa juga dari bekas minuman gelas. 4. Isikan air asal menutupi bagian bawah daun bawang jangan semuanya ya tar tengelem. 5. Simpan ditempat

13 Secrets you should know about life before you Die

Most people pass through life without experiencing anything and sometimes when they are old; their lives are filled with regrets. This book reveals some secrets of living a happier life, a life filled with stories and adventures. Everyone will die sooner or later but there are certain things you should know before you are called to glory and that is what this book is all about. This book covers all areas of life from business, family, relationship, career, and finance to your spiritual life. It reveals some hidden truth and principles about life. The key to enjoying these secrets is in the "doing" not only in reading. TABLE OF CONTENT SECRET 1- TAKE RESPONSIBILITY 8 SECRET 2- HAVE A PURPOSE 11 SECRET 3- IT’S OK TO FAIL 15 SECRET 4- IT’S ALL ABOUT THE CHOICES WE MAKE 19 SECRET 5- MAKE FRIENDS 22 SECRET 6...................  readmore Ebook Free http://destyy.com/whlNgw